Pirate, Prince and History

Kali ini kita akan membahas kisah bajak laut lagi yaitu My Wicked Pirate karya Rona Sharon yang SPEKTAKULER.

My Wicked Pirate

My Wicked Pirate

Saya akan cerita sedikit mengenai buku-buku terkait. Buku sejenis My Wicked Pirate ada The Windflower karya pasangan Tom dan Sharon Curtis.

cover indonesia

Indonesian version

di goodreads dan situs tersebut memberikan rekomendasi beberapa buah buku sejenis seperti

The Pirate Lord by Sabrina Jeffries

The Pirate Lord by Sabrina Jeffries

The Pirate Lord (Sabrina Jeffries) yang akan saya baca segera.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Surrender of a Siren (Tessa Dare) yang saya akan ceritakan kelak

Surrender of a Siren by Tessa Dare

Surrender of a Siren by Tessa Dare

 

 

 

 

 

 

 

 

My Wicked Pirate, masih seputar bajak laut dan kaum-kaum bangsawan topik kesukaan saya. Kali ini novel yang tebalnya 600halaman dengan huruf yang kecil-kecil bagai rentetan semut berhasil membius saya dari halaman pertama novel bercover jangkar ini. Setting cerita ini diambil di berbagai tempat di seluruh dunia sehingga saya diajak masuk untuk berlayar bersama mereka. Bukan hanya itu, Eros sang tokoh utama diceritakan lahir tahun 1600-an akhir sehingga setting waktu sekitar tahun 1600-1700an segitu lah ya. Setting tempat tentu Inggris tepatnya di Yorkshire, menampilkan juga peran Ratu Anne Stuart yang kala itu memerintah Inggris. Italia (Milan) yang kala itu belum merdeka karena Eros ceritanya merupakan seorang pangeran Milan yang hilang. Prancis dengan keterlibatan Raja Louis dan jajarannya, Aljazair, Algadir, Jamaika, lautan Karibia. Rona Sharon menggambarkan setting dengan sangat cerdik dan detail. Dia sangat kreativ dalam membuat pembaca pintar, jelas saja karena unsur historical dari novel ini sangat kental. Dikisahkan mengenai perang Inggris melawan Prancis yang pernah saya baca di biografi Napoleon sehingga memudahkan saya untuk menyerap informasi-informasi terkait dan tentunya rencana sekutu-sekutu dalam memporak-porandakan prancis serta rahasia-rahasia (yang mungkin benar) mengenai raja Prancis itu. Di samping itu, dimana adegan Alanis pergi ke Roma untuk melacak keberadaan Eros dengan menemui Uskup Agung juga perlu diberi jempol. Saat itu Roma dalam kepemimpinan Paus Clement XI dan menjelaskan mengenai hukum Lombard yaitu hukum yang mengatur tentang pernikahan Pangeran Kerajaan Milan yang baru resmi menikah secara hukum hanya jika Uskup Agung yang melaksanakan pernikahan itu di gereja di Milan. Dijelaskan singkat mengenai penjara mengerikan di Prancis, Bastille. Menyeramkan dan terkutuk. Yang membuat saya tercengang yaitu ketika Rona menjelaskan proses perang dan strategi-strategi yang diatur para sekutu.

Intinya, Lady Alanis of Dellamore jatuh cinta dengan penculiknya (Eros sang Viper) yang ternyata adalah pangeran Milan yang hilang bernama asli Stefano Andrea Sforza, Count of Pavia Duke of Bari, Prince of Milan. Tunangan Alanis, Lucas Silvermore jatuh cinta dengan hasil culikannya (Jasmine, adik Eros, Putri Gelsomnia) jadilah cerita membiuskan ini.

Saya senang menceritakan bagian favorit saya, yakni ketika Eros berhasil selamat setelah diculik sepupunya, Cessare.

Berikut,

Ketika Alanis mencari Eros yang diculik Cessare,

Dia datang bersama Hani, Hani hendak menculik Alanis untuk dirinya sendiri. Karena kebanyakan ngomong, Cessare menembak mati Hani dan menculik Eros karena pria bertubuh besar itu tak mau menyerahkan medalinya. Alanis berhasil kabur dan mengadukan semua tindakan Cessare kepada Sallah.

Mereka mencari Eros ke segala penjuru namun tak ada hasil. Akhirnya, Nasrin pergi ke sebuah gua tempat dimana peramal keluarganya sering berkonsultasi. Sang peramal mengatakan sebuah teka-teki keberadaan Eros.  ‘Kota abadi dengan segala penjuru arah menuju kota itu’

Roma

Di Roma pun mereka masih mengalami kesulitan dalam mencari Eros, Sallah dan Nasrin mengira Eros sudah meninggal tapi Alanis tak mau menyerah. Disinilah keterlibatan Paus Clement XI . Paus merupakan kedudukan yang paling berkuasa. Alanis yang memang cucu dari Dellamore mendaftarkan diri untuk bertemu dengan paus. Dia juga mengaku sebagai istri dari pangeran Milan alias Nyonya Stefano Sforza jadi dengan waktu lumayan singkat dia bisa bertemu dengan Paus. Setelah berkonsultasi, paus juga memperkenalkan pembaca tentang hukum Lombard yang mengikat seluruh pangeran Milan. Hukum itu berisi tentang bahwa Pangeran Kerajaan Milan resmi menikah secara hukum jika Uskup Agung Milan yang melaksanakan upcara pernikahannya di sebuah gereja di kota Milan. Paus berjanji akan melacak keberadaan Eros diseluruh pelosok Roma.

Setelah beberapa hari, mereka menemukan tempat Eros ditahan yaitu sebuah penjara bawah tanah yang bau mayat. Sangat suram ditambah dengan berita bahwa Cessare telah menganiaya Eros dan membuang mayatnya di sungai. Alanis hampir mati karena sedih.

Berikut juga bagian kesukaan saya,

Setelah Eros sembuh, Eros mengadakan pertemuan dengan para pejabat. Bernardo membawa para tamu ke meja-meja pertemuan untuk saling berbicara mengenai strategi perang. Sebagai pembuka, mereka disuguhkan dengan segelas wine lezat. Para bangsawan itu terlihat terkejut setelah melihat pangeran yang dikabarkan tewas 16th silam sedang berdiri gagahnya di hadapan mereka. Eros dengan gagahnya mengangkat gelas winenya untuk bersulang. Dia berbisik kepada Bernardo, “Tolong tukar gelasku dengan gelas anggota komisi yang kau pilih” Yak, gelas milik Eros mengandung racun. Karena Bernardo patuh dan menukar gelas tuannya dengan gelas milik Varesio, Eros selamat. Tapi Eros nggak tahu apa yang terjadi dalam kamar Alanis.

Eros meminta Alanis menunggunya selama melakukan rapat. Alanis dengan patuh menunggu kedatangan Eros sambil tidur. Ternyata, tangan kanan Cessare bernama Roberto menculik Alanis. Eros meminta Giovanni untuk mengunjungi Alanis yang kemudian awak kapal Eros mengatakan kalau “Dia hilang!”.  Eros lantas meraih dua pucuk pistol dari sabuk Giovanni dan dengan mata membara marah, dia mendekati Count Bossi dan membak mati tepat di kepala bangsawan bermuka dua itu. Semua terpana dan takut melihat Eros. Para bangsawan menyedihkan itu mengaku itu adalah ulah Cessare untuk membawa Alanis ke sebuah Pesta Topeng Tradisional Musim Semi, acara kesukaan Raja Louis yang diadakan di Istana Versailles pada hari petama bulan April.

Dengan sangat terpaksa, Eros pergi ke Prancis (pada saat itu nggak seharusnya orang Milan pergi ke Prancis karena perang). Dia mendapati Alanis yang berusaha kabur di pesta topeng. Cessare mencegah Eros dan terjadi lagi duel pedang. Eros berhasil membunuh sepupunya itu dan parahnya Raja Louis mengundang Dellamore untuk datang ke sana. Dengan sangat murka Raja Louis memvonis Eros untuk dipenjarakan dan dihukum mati di penjara yang amat sangat terkenal ganas (bahkan sampai tahun 2013 terkenalnya) yaitu penjara Bastille.

 

dan ketika perang melawan Prancis:

Dimulai beberapa bulan kemudian ketika seluruh pasukan tengah dipersiapkan, Eros memutuskan untuk bergabung dengan pihak sekutu untuk menundukkan prancis. Sekutunya adalah Inggris, Denmark, Belanda, Potugal.Terjadi beberapa kali percekcokan dalam diskusi tersebut. Namun, Dellamore yang tergabung dalam anggota persekutuan itu (Inggris) menjamin dengan nyawanya kalau Eros bukanlah mata-mata Prancis. Mereka menggabungkan seluruh kekuatan untuk bersatu. Strategi perang yang dimainkan Eros begitu lihai dan profesional dan membuat seluruh anggota komisi tunduk kepada pria itu. Dengan mudahnya mereka berhasil berperang menundukkan Prancis. Dan tibalah saatnya Eros untuk menundukkan Milan.

Niccolo mati dalam perang untuk menyelamatkan Eros dari ledakan granat yang ditujukan untuknya. Eros sempat berpikir mengapa dirinya tak kunjung diledakkan? Alasannya karena seluruh pasukan mencoba melindungi pangeran mereka. Dengan bersusah payah (kondisi perang harus baca novelnya sendiri) Milan berhasil ditundukan dengan Eros berucap di kuburan ayahnya “Aku pulang, Ayah”

Sempat terharu banget baca di bagian perang tadi.

 

Tentu saja ending juga luar biasa memukau ketika Pangeran Milan nggak kunjung di nobatkan.  Keterlibatan Ratu Anne Stuart memang sedikit tapi berhasil memupuk Historical sides dari novel ini. Sangat layak baca karena begitu membaca di halaman pertama saya yakin seluruh pecinta Romance akan terbius sampai bab akhir. Happy reading 🙂

 

Groet,

FR

 

 

Sources:

a novel by Rona Sharon, My Wicked Pirate

http://www.goodreads.com/book/show/106548.The_Pirate_Lord

http://www.goodreads.com/book/show/37343.My_Wicked_Pirate

http://www.goodreads.com/book/show/6014614-surrender-of-a-siren

Advertisements

8 thoughts on “Pirate, Prince and History

    • menurut suatu web, alasan kenapa mata bajak laut ditutup sebelah:
      1.Pada Zaman dahulu kan teropong masih Monocular alias harus menutup sebelah mata untuk melihat , agar lebih mudah para Bajak Laut pun akhirnya memakai Eye Patch agar lebih mudah utk melihat teropong .

      2.Dulu Zaman Bajak laut rata” senjata belum ada kekerannya ( Bidikan ky sniper ) , Jd agar lebih mudah membidik lawan memakai senjata para bajak Laur pun menggunakan Eye Patch.

      3.Pada Zaman dahulu , ada seseorang yg di hukum oleh pemerintahan yg di congkel sebelah matanya , lalu seseorang tsb membalas dendam dgn menjadi Pembajak atau sekarang dikenal Bajak Laut ( Mngkin pembajakan trjd di Laut )
      krn dia malu dengan awak” nya lalu diapun menutup Sebelah mata yg bekas dicongkel oleh pemerintah .

      tapi mata bajak laut di novel itu sebiru lautan nggak ditutup2in x)

  1. Saya kenal bajak laut hanya dua.
    Ynag pertama Kapten Jack sparrow yang unik menggelitik, dan cerdas sekaligus konyol. Suka sama triloginya ga suka sama yang keempat.
    Satu lagi adalah Bajak laut serial Spongebob squarepants yang tiap pagi dan sore menyapaku: “Are Ready?”

    Mungkin dari review singkat ini bisa membuatku terpesona dan menandainya untuk dibaca. Suatu saat nanti…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s